Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering
Vol 7 (2025): SMART AND SUSTAINABLE INDUSRIES : DRIVING LOW-EMISSIONS AND RENEWABLE ENERGY TRANSFORM

Transformasi Digital UMKM Thrift : Strategi Pemasaran Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Pasca Pandemi

Sasongko, Chaello Agries Putra (Unknown)
Pradana, Dewanto Azmi (Unknown)
Arief, Moch Zaenal (Unknown)
Pratama, Arisky Yudha (Unknown)
Prasetyo, Galih (Unknown)
Putra, Muhammad Alfarizy (Unknown)
Gunawan, Iman (Unknown)
Rohmat, Alif (Unknown)
Fariz, Mohammed (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan baju thrift  pasca pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah studi literatur, observasi, dan wawancara mendalam terhadap pelaku usaha dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, marketplace, dan iklan berbayar secara signifikan mampu meningkatkan visibilitas dan penjualan. Strategi pemasaran digital menjadi lebih optimal jika didukung pemahaman digital marketing funnel, adaptasi konten, dan analisis perilaku konsumen. Namun, pelaku usaha masih menghadapi tantangan seperti persaingan yang ketat, keterbatasan literasi digital, dan isu kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, pelatihan berkelanjutan serta dukungan kebijakan pemerintah diperlukan untuk memperkuat daya saing UMKM thrift  di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mbcie

Publisher

Subject

Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering merupakan salah satu kajian yang membahas segala aspek ilmu bidang Teknik Industri. Seminar ini diselenggarakan oleh Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional yang unik ini menyediakan forum ...