Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah metode bernyanyi berpengaruh dalam meningkatkan hafalan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas 2 MIS Yayasan Jami’atul Khaer Kota Makassar, (2) Mengetahui bagaimana peningkatan hafalan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas 2 MIS Yayasan Jami’atul Khaer Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian experimental research dengan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan jenis metode penelitian eksperimen Pre-Experimental Design Type Pretest-Posttest One Group Design. Metode ini menggunakan instrument (alat pengumpul data) yang menghasilkan data numerik (angka) yang dilakukan dengan menggunakan metode statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode Bernyanyi berpengaruh dalam meningkatkan hafalan kosa kata Bahasa Arab siswa kelas 2 MIS Yayasan Jami’atul Khaer Kota Makassar berdasarkan hasil uji t yang dapat dilihat pada tabel Paired samples test diperoleh nilai t hitung = -12,040 dengan sig (2-tailed) atau nilai p = 0,000. Nilai ini lebih kecil dari 0,05 (p = 0,000 <0.05) maka ????0 ditolak dan ????1 diterima. (2) Peningkatan hafalan kosa kata bahasa Arab siswa kelas 2 MIS Yayasan Jami’atul Khaer dengan menggunakan metode bernyanyi pada saat proses belajar mengajar dapat dilihat dari indikator keberhasilan peningkatan kosa kata bahasa Arab sebelum menggunakan metode bernyanyi atau hasil tes awal (pre-test) yaitu 51,58, kemudian setelah diterapkannya metode bernyanyi meningkat menjadi 83,16. Dan dari hasil perhitungan uji N Gain score, dimana pada uji N Gain score memperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 0,63 yang artinya termasuk dalam kategori sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025