An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 5: September 2025

Integrasi Pemikiran Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam dengan Epistemologi Filsafat Kontemporer Kritis

Marasabessy, Muhammad Ali Farhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis epistemologis pendidikan Islam yang ditandai dengan dikotomi ilmu agama dan ilmu umum serta lemahnya fungsi pendidikan dalam membentuk individu kritis dan berkarakter. Fazlur Rahman menawarkan epistemologi Islam yang mengintegrasikan wahyu dan akal secara proporsional, sehingga mampu berdialog dengan filsafat kritis kontemporer. Penelitian ini bertujuan mengkaji integrasi pemikiran Rahman dengan epistemologi filsafat kontemporer kritis untuk merumuskan paradigma pendidikan Islam yang lebih relevan dengan tantangan modernitas. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan analisis terhadap karya Rahman, pemikiran filsafat kritis, serta literatur pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tersebut menghasilkan paradigma pendidikan Islam yang humanis, kritis, dan kontekstual. Secara teoretis, integrasi ini memperluas epistemologi Islam dengan memasukkan rasionalitas kritis tanpa menanggalkan basis normatif wahyu. Secara praktis, paradigma ini berdampak pada pembentukan mahasiswa yang berkarakter, intelektual, dan memiliki kesadaran sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Rahman menawarkan solusi terhadap krisis epistemologis pendidikan Islam Indonesia melalui sintesis tradisi Islam dan metodologi filsafat kritis. Implikasi hasil penelitian ini menegaskan urgensi pendidikan Islam integratif untuk membangun peradaban yang relevan dengan tuntutan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...