Jurnal Pendidikan, Hukum, Komunikasi
Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan, Hukum, Komunikasi (J-DIKUMSI)

Analisis Efektivitas Pembelajaran: Guru Versus Artificial Intelligence

Latif, Melko (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) dibandingkan dengan pembelajaran yang dipandu oleh guru. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI efektif dalam memberikan personalisasi pembelajaran dan evaluasi otomatis, tetapi memiliki keterbatasan dalam interaksi sosial dan dukungan emosional. Sebaliknya, guru berperan penting dalam membangun motivasi, keterlibatan emosional, dan pemahaman mendalam melalui diskusi dan bimbingan langsung. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah mengombinasikan AI sebagai alat bantu dalam pembelajaran, sementara guru tetap berperan dalam membimbing aspek sosial dan emosional siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-DIKUMSI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Pendidikan, Hukum, Komunikasi disingkat J-DIKUMSI adalah jurnal yang mewadahi berbagai bidang rumpun sosial seperti hasil penelitian di bidang pendidikan, hukum dan komunikasi. Semua publikasi di J-DIKUMSI bersifat akses terbuka yang memungkinkan akses tersedia secara bebas online tanpa ...