AbstrakDunia perbankan di Cirebon semakin lama semakin berkembang terutama bank syariah yang berganti nama menjadi BSI. Perkembangannya pun tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri Indonesia. Semakin besar perkembangan dunia perbankan semakin luas jaringan dunia perbankan khususnya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaaan bahasan dan etika dalam dunia perbankan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini mencoba untuk menguji metode tentang komunkasi dan kualitas layanan yang diterapkan oleh Bank BSI Cirebon .Adapun jenis dari metode tersebut yakni melalui pendekatan Paradigma Laswell dan ServQual. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) bentuk pengruah bahasa komunikasi yang terjadi sepanjang proses kegiatan transaksi yang dilakukan oleh para karyawan Bank BSI sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur dan setiap karyawan memiliki cara atau teknik tersendiri dalam mengambil perhatian serta berbicara dengan nasabah, walaupun adanya masalah yang terjadi antara belah pihak itu tidak menjadi hambatan dalam memberikan yang terbaik dalam mengatasinya. 2) Adapaun etika dalam pelayanan yang diberikan semuanya sudah ada dalam SOP yang berlaku bagi pihak BSI, baik itu dari segi individu karyawan maupun sarana dan prasarana yang ada, mereka benar- benar memberikan pelayanan yang terbaik demi kenyamanan dan perlakuan yang sangat ramah, sopan, serta keadilan untuk nasabah.Kata Kunci: BSI, Bahasa, Etika
Copyrights © 2022