Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 9 No. 3 (2025): EDUNOMIKA

Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Guru, dan Pelatihan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang

Sigit Setyo Pramono (Unknown)
Abdul Ghofar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja guru, kompetensi guru, dan pelatihan guru terhadap prestasi belajar siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Latar belakangnya adalah pentingnya peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Sampel penelitian terdiri dari 42 guru yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja guru, kompetensi guru, dan pelatihan guru masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Di antara ketiganya, pelatihan guru memberikan pengaruh paling besar. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan motivasi, peningkatan kompetensi, dan pelatihan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan capaian belajar siswa. Kata kunci : motivasi kerja guru; kompetensi guru; pelatihan guru; prestasi belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...