INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 8, No 2 (2025): Inopendas : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Agustus 2025)

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Diorama

Sa'diyah, Inayatus (Unknown)
Fakhriyah, Fina (Unknown)
Ardianti, Sekar Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa serta implementasi model pembelajaran inkuiri berbantuan media diorama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwosari pada materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang saling berkaitan dalam satu siklus. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media diorama, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes berupa pretest dan posttest, dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar guru dari 71,17% pada siklus I menjadi 81,2% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal dalam mata pelajaran IPA juga meningkat sebesar 24,37%, dari 58,53% pada siklus I menjadi 82,9% pada siklus II. Peningkatan ini membuktikan bahwa hasil belajar sebagai indikator kemampuan berpikir kritis telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu ≥ 75%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Inopendas merupakan jurnal inovasi pendidikan dasar program studi magister pendidikan dasar yang diharapkan mempublish artikel-artikel hasil penelitian terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini memfokuskan pada inovasi pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan pembelajaran tinggi ...