Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Lingkungan Sekolah Budaya Organisasi dan Kreatifitas Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa

Nurfadillah, Nurfadillah (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)
Devilla, Rego (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui menganalisis; 1). pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap. Motivasi Belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa.2). pengaruh Budaya Organisasi terhadap. Motivasi Belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa. 3). pengaruh Kreatifitas Mengajar Guru terhadap. Motivasi Belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa. 4). pengaruh Lingkungan Sekolah, Budaya Organisasi dan Kreatifitas Mengajar Guru secara simultan terhadap. Motivasi Belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa.dan 5).Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Variabel yang dominan berpengaruh terhadap Motivasi Belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Penelitian dilakukan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa dengan Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa Tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII B jumlahnya VII A jumlah 22 Orang dan Kelas VII B 20 Orang jadi jumlah populasi 42 orang Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total (total sampling). atau sampling jenuh Artinya, seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 42 orang tehnik pengumpulan data menggunakan kusioner dan tehnik analisis data menggunakan tehnik Regreasi berganda dan analisis uji-t dan Uji F menggunakan SPSS 26. Hasil Penelitian ini adalah; 1). Lingkungan Sekolah (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa.2). Budaya Organisasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa. 3). Kreatifitas Mengajar Guru (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa. 4). Lingkungan Sekolah (X1), Budaya Organisasi (X2) dan Kreatifitas Mengajar Guru (X3) secara bersama- sama berpengaruh terhadap Motivasi Belajar IPS (Y) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa. dan 5). Variabel yang paling dominan mempengaruhi Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tondong Tallasa adalah Kreatifitas Mengajar Guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...