Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 091496 Pematang Tanah Jawa T.A 2025/2026

Siahaan, Rosa Manisha (Unknown)
Siahaan, Theresia Monika (Unknown)
Napitupulu, Rio Parsaoran (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 091496 Pematang Tanah Jawa tahun ajaran 2025/2026. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 45,4 dengan ketuntasan klasikal 12% (3 siswa), meningkat pada posttest menjadi 85,19 dengan ketuntasan klasikal 96% (24 siswa). Hasil uji N-Gain memperoleh skor 0,790 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya penerapan model pembelajaran Talking Stick berpengaruh signifikan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...