Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 091496 Pematang Tanah Jawa tahun ajaran 2025/2026. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest. Sampel berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata pretest sebesar 45,4 dengan ketuntasan klasikal 12% (3 siswa), meningkat pada posttest menjadi 85,19 dengan ketuntasan klasikal 96% (24 siswa). Hasil uji N-Gain memperoleh skor 0,790 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya penerapan model pembelajaran Talking Stick berpengaruh signifikan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025