Permasalahan rendahnya dalam penerapan pembiasaan berwudhu dalam membentuk kecerdasan interpersonal anak usia DiniĀ 5-6 tahun Pada kelompok B di TK Islam An nafis. Adapun metode Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif, dengan analisis deskriptif. Berdasarkan rancangan penelitian ini yang menjadi subjek Penelitian adalah anak-anak kelas A usia 4-5 tahun TK Islam An-Nafis tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 13 anak, perempuan 7 dan laki laki 6. Sedangkan objek penelitian ini adalah masalah yang diteliti yaitu Penerapan Pembiasaan Berwudhu Dalam MembentukĀ Kecerdasan Intrapersonal Pada Anak Usia Dini Di TK Islam An-Nafis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interakif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan mengenai penerapan pembiasaan berwudhu di TK Islam Annafis dilakukan secara terstruktur melalui pembiasaan sebelum memulai kegiatan belajar, sebelum melaksanakan shalat dhuha, dan setelah bermain. Guru senantiasa memberikan contoh langsung, bimbingan, serta pengawasan agar anak terbiasa melaksanakan wudhu dengan baik. Secara umum, pembiasaan berwudhu berkontribusi signifikan dalam membentuk kecerdasan intrapersonal anak usia dini, sehingga pembiasaan ini relevan untuk terus dikembangkan dalam pendidikan Islam di TK.
Copyrights © 2025