Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan puskesmas di Desa Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabu. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut Kabupaten Pulau Taliabudengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan yaitu observasi dan wawancara mendalam dengan 8 informan yang dipilih secara sengaja (purposive sampling) yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukan bahwa Persepsi masyarat terhadap pelayanan yang diberikan menurut pasien yang datang berobat mengatakan hal yang positif terhadap puskesmas Nggele, baik dari. a) pelayana administrasi dalam melakukan pelayanan baik dari pemeriksaan maupun pemberiaan informasi dengan jelas diberikan kepada pasien serta tindakan yang baik selalu dijaga oleh pegawai puskesmas serta kecepatan dalam bekerja. b) pelayanan rawat jalan, pasien diberi obat sesuai dengan penyakit yang dialami. c) pelayanan rujukan apabila pasien yang datang dipuskesmas kondisinya tidak dapat ditangani maka pihak puskesmas memberikan rujukan pada pasien kerumah sakit yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan informasi yang diberikan mudah dipahami oleh pasien. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehatan dipuskesmas yang dihadapi yaitu berupa kelengkapan sarana dan prasarana pengobatan dan ruangan yang tersedia dipuskesmas, dimana puskesmas hanya memiliki 1 ruanagan untuk pemeriksaan sehingga pasien sealu mengantri. b) adapun ketepatan waktu yang dirasakan oleh pasien sudah cukup baik dalam melakukan pemeriksaan dan informasi yang diberikan kepada pasien dapat diserap dengan baik. c) dimensi kepastian dimana dalam melakukan pemeriksaan kepada pasien sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh perawat. Dan para perawat maupun bidan melakukannya dengan penuh kehati-hatian dan selalu bersikap sopan dalam bertindak. d) dimensi empati dimana pihak puskesmas dalam melakukan pengobatan dan pemeriksaan selalu memberikan informasi mengenai kesehatan dengan menggunakan kata-kata atau penjelasan yang mudah dipahami oleh pasien sehingga pasien senang untuk berobat kepuskesmas tersebut.
Copyrights © 2018