Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa semua item pernyataan valid dan reliabel. Hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa Inggris dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dan media pembelajaran juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Selanjutnya, hasil uji F memperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti motivasi belajar dan media pembelajaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya bahwa faktor internal seperti motivasi dan faktor eksternal berupa media digital berkontribusi penting dalam peningkatan keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, peningkatan motivasi belajar serta pemanfaatan media pembelajaran yang variatif perlu diperhatikan dalam strategi pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025