Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Penerapan Kegiatan Bermain Peran untuk Meningkatkan Self Confident pada Anak Usia Dini Dini TK Widuri Jaya Kebon Jeruk Jakarta Barat

Cenny, Cenny (Unknown)
Widiyastuti, Arie (Unknown)
Choiriyah, Choiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Berbagai permasalahan yang timbul, fokus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kegiatan bermain peran dalam meningkatkan self confident (kepercayaan diri) anak usia dini di TK Widuri Jaya Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Latar belakang penelitian ini didasari oleh masih banyaknya anak usia 4–5 tahun yang menunjukkan kurang percaya diri ketika diminta berbicara, tampil di depan kelas, maupun berinteraksi dengan teman sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak kelompok A. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan anekdot, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan bermain peran dengan tema profesi dapat meningkatkan keberanian anak untuk memilih peran, menjawab pertanyaan guru, tampil di depan kelas, serta berinteraksi dengan teman. Peningkatan terlihat signifikan dari siklus I ke siklus II, di mana mayoritas anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran efektif dalam meningkatkan self confident anak usia dini, sehingga dapat dijadikan strategi pembelajaran yang relevan dalam pengembangan sosial-emosional anak di PAUD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...