Berbagai permasalahan yang timbul, fokus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kegiatan bermain peran dalam meningkatkan self confident (kepercayaan diri) anak usia dini di TK Widuri Jaya Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Latar belakang penelitian ini didasari oleh masih banyaknya anak usia 4–5 tahun yang menunjukkan kurang percaya diri ketika diminta berbicara, tampil di depan kelas, maupun berinteraksi dengan teman sebaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak kelompok A. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan anekdot, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan bermain peran dengan tema profesi dapat meningkatkan keberanian anak untuk memilih peran, menjawab pertanyaan guru, tampil di depan kelas, serta berinteraksi dengan teman. Peningkatan terlihat signifikan dari siklus I ke siklus II, di mana mayoritas anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain peran efektif dalam meningkatkan self confident anak usia dini, sehingga dapat dijadikan strategi pembelajaran yang relevan dalam pengembangan sosial-emosional anak di PAUD.
Copyrights © 2025