Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2024): April Issue

PENGELOLAAN KELAS DIGITAL ENTREPRENEUR UNTUK MEMBENTUK LULUSAN SIAP BERWIRAUSAHA

Tuanany, Nursyahar Jihan (Unknown)
Wulandari, Tyas (Unknown)
Dewi, Zaqia Rahma (Unknown)
Timan, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas digital entrepreneur, kurikulum, mata pelajaran dan sikap wirausaha di kelas XI Jurusan Tata Busana di SMKN 1 Donorojo. Penulisan artikel ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yakni kaprodi tata busana, guru kewirausahaan, guru technopreneur, guru digital entrepreneur serta peserta didik kelas XI Jurusan Tata Busana kelas digital entrepreneur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara serta penyebaran kuesioner melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan kelas digital entrepreneur diterapkan dengan mengadakan seleksi dari 140 siswa menjadi 49 siswa per kelas. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka belajar pada tingkat X dan XI. Materi yang diajarkan sebagai instrumen mata pelajaran dalam kelas wirausaha yaitu: technopreneur, produk kreatif dan kewirausahaan (PKKWU), pembuatan busana industri; pembuatan busana secara customed; desain busana; menghias busana; pengetahuan tekstil; quality control. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata diketahui bahwa sikap wirausaha siswa kelas XI Jurusan Tata Busana di SMKN 1 Donorojo pada kategori sikap berani mengambil resiko sebanyak 77%. Untuk sikap berorientasi ke masa depan diperoleh sebanyak 99%. Sikap percaya diri peserta didik dalam berwirausaha sebesar 95%. Selanjutnya hasil angket diperoleh sikap wirausaha peserta didik dalam berorientasi pada tugas sebesar 100% dan sikap kepemimpinan peserta didik dalam berwirausaha sebesar 100%. Sehingga, jiwa wirausaha siswa kelas XI Tata Busana di SMKN 1 Donorojo berada pada kategori baik dan siap untuk berwirausaha.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure ...