Kepala sekolah memiliki kemampuan untuk memimpin dan membimbing sekolah. Kepemimpinan yang efektif memiliki potensi untuk memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek operasional dan kualitas pendidikan di sekolah. Kepemimpinan yang kuat dan efisien dapat berdampak positif terhadap kinerja dan pelaksanaan proses akreditasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinanan kepala sekolah dan budaya organisasi dalam meningkatkan nilai akreditasi sekolah. Penelitian untuk studi ini dilakukan di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 100 para guru di lima SMP Negeri di Mamuju Tengah dipilih melalui teknik simple random sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS 24 for windows dalam tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan dan budaya organisasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan nilai akreditasi sekolah dengan nilai koefisien sebesar 0,485.
Copyrights © 2024