mengetahui Pengaruh yang signifikan antara Metode Problem Solving Terhadap Penalaran Deduktif Siswa di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada kegiatan pembelajaran, diantaranya siswa terlalu bergantung kepada materi yang disampaikan guru sehingga kompetensi siswa kurang berkembang dan susah dalam mengambil kesimpulan dari inti masalah pembelajaran dan dalam penggunaan metode pembelajaran siswa juga lebih fokus pada aspek kognitif saja, sehingga aspek afektif dan psikomotorik siswa belum optimal. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu quasi eksprimen. Populasi pada penelitian adalah kelas VII yang berjumlah 279 siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII1 dan VII2 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui persentase pengaruh metode problem solving terhadap penalaran deduktif diperoleh dari hasil uji determinasi memperoleh nilai sebesar 0,878 (87%). Dari hasil uji t diperoleh nilai atau 2,788 > 1,691 maka ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode problem solving terhadap penalaran deduktif di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Kata kunci : Metode problem solving, Penalaran deduktif, Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru
Copyrights © 2025