JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 1 (2024): (JUNI 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Ketimpangan Gender dalam Akses Pendidikan di Desa Umbu Kawolu Kabupaten Sumba Tengah

Wewi, Krisna Rambu Kaita (Unknown)
Kurniawan, Faizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting di dalam kehidupan ini. Melalui pendidikan, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidupnya dan memajukan bangsa Serta ikut serta dalam pembangunan dengan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang ia miliki.Isu mengenai ketidaksetaraan gender yang terjadi di masyarakat mengakibatkan perbedaan Pandangan terhadap peran laki-laki dan perempuan. Karena perbedaan konsep gender ini, Mengakibatkan perbedaan dalam peran antara laki-laki dan perempuan. Hal tersebut menjadi Tantangan bagi pemerintah dalam mewujudkan kebijakan untuk melindungi hak-hak Perempuan untuk mencapai kesetaraan gender agar dapat berperan dan memiliki kesempatan Yang sama untuk membangun kehidupan dan generasi bangsa yang cerdas.perempuan merupakan kelompok kelas dua, dan posisinya terdapat di Bawah laki-laki. Padahal dalam dunia pendidikan semua manusia, laki-laki dan Perempuan memiliki hak sama untuk memperolehnya. Pendidikan yang Merupakan ranah belajar bagi laki-laki dan perempuan, justru keberadaannya lebih Digandrungi oleh laki-laki dari pada perempuan. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh Pandangan patriarki, yaitu pendapat yang berpandangan bahwa laki-laki lebih tinggi Kedudukan dan derajatnya daripada perempuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...