Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan tinggi, termasuk dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, yang menuntut adanya kurikulum yang lebih adaptif dan berbasis teknologi. Kurikulum konvensional yang ada saat ini sering kali tidak dapat mengikuti kemajuan teknologi dan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kurikulum digital adaptif yang dapat meningkatkan daya saing global mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP Budidaya Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan desain Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk mengidentifikasi kebutuhan kurikulum yang relevan dan berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum digital adaptif yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar, dengan 85% mahasiswa melaporkan peningkatan keterlibatan dan peningkatan rata-rata nilai sebesar 20% dibandingkan dengan kurikulum konvensional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum yang lebih relevan, fleksibel, dan sesuai dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025