ABSTRACT The study aimed to analyze the relationship among knowledge, attitude, and behaviors on choosing healthy snacks (beforeand after counseling) in SD Negeri 4 Poasia, Kambu District, Kendari. This was an observational study with cross-sectionalapproach. The study used independent variable data (knowledge, attitude, and behavior regarding consumption of snack)and dependent variables (counseling of healthy snack consumption). The results show that the average value ofrespondents knowledge before and after counseling was 1.370 1.200. Meanwhile, the average value of respondents attitudebefore and after counseling was 1.850:1.750 while the average value of respondent behavior before and after counselingwas 1.330:1.070. With only 10% increase, it can be concluded that there was no significant difference in the level ofstudents’ attitude before and after the counseling. However, there was a significant difference in the level of knowledge andbehavior, with both aspects reached 26.6% increase. Keywords: elementary school student, healthy snack, counseling. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku memilih jajanan sehatsekolahan (sebelum dan sesudah penyuluhan) di SD Negeri 4 Poasia Kecamatan Kambu Kota Kendari. Penelitian inimenggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitimengambil data variabel bebas (pengetahuan, sikap, dan perilaku mengenai konsumsi jajanan) dan variabel terikat(penyuluhan tentang konsumsi jajanan sehat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rearata nilai pengetahuan respondensebelum dan sesudah dilakukannya penyuluhan berturut-turut sebasar 1,370 : 1,200. Rearata nilai sikap responden sebelumdan sesudah dilakukannya penyuluhan yakni sebesar 1,850 : 1,750, rerata nilai perilaku responden sebelum dan sesudahdilakukannya penyuluhan adalah 1,330 : 1,07. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat sikap anaksebelum dan sesudah penelitian dengan kenaikan sikap 10% sehingga berbeda tidak nyata, pada tingkat pengetahuan danperilaku anak terdapat kenaikan pengetahuan 16,7% dan sikap 26,6% setelah penyuluhan dan diperoleh hasil berbedanyata. Kata kunci: anak SD, makanan jajanan, penyuluhan PENDAHULUAN
Copyrights © 2018