Setiap peserta didik memiliki tingkat berpikir kreatif yang berbeda-beda, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran Pop-Up Book yang valid, praktis, dan efektif untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan pengembangan model ADDIE. Model ADDIE meliputi lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 12 Subaraya yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi validasi, lembar angket, dan tes. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran Pop-Up Book pada materimakhluk hidup dan lingkungannya dan memperoleh skor validitas dari ahli media dan ahli materi sebesar 82% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil lembar angket dari guru memperoleh 100% dengan kriteria “sangat baik”, sedangkan dari hasil lembar angket peserta didik memperoleh 88% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil nilai rata-rata keseluruhan tes dari siswa sebelum menggunakan media Pop-Up Book sebesar 74% dengan nilai presentase 37%, sedangkan hasil nilai rata-rata keseluruhan tes dari siswa sesudah menggunakan media Pop-Up Book sebesar 80% dengan nilai presentase 63%. Sehingga dengan adanya peningkatan yang diperoleh dari hasil tes siswa maka pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran menjadi lebih efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025