Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan mengeksplorasi etnomatematika motif kain tenun ikat Tanimbar, dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, serta untuk mengetahui apakah motif kain tenun ikat Tanimbar, dapat digunakan sebagai pengembangan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan model pengembangan (Research and Development), model pengembangan yang digunakan adalah Perencanaan, Rancangan Produk, Konstruksi Produk, serta Revisi dan Validasi (PRKRV). Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil validasi oleh para ahli validasi dengan menggunakan lembar penilaian kevalidan bahan ajar berbasis etnomatematika dinyatakan layak digunakan, dengan validator I memiliki skor aktual 4,77 dan kriteria sangat valid, validator II memiliki skor aktual 4,55 dan kriteria sangat valid, serta validator III memiliki skor aktual 4 dan kriteria sangat valid, dalam hal ini bahan ajar tersebut memenuhi kriteria sangat valid.
Copyrights © 2025