Economics, Business and Management Science Journal
Vol 5, No 2 (2025): Economics, Business and Management Science Journal, August

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Air Minum Isi Ulang Ust Saihu Kalideres Jakarta Barat

Akbar, Mada Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Air Minum Isi Ulang Ust Saihu di Kalideres, Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 7.300 pelanggan, dengan sampel sebanyak 99 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya keseimbangan antara pelayanan yang berkualitas dan harga yang wajar dalam meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan pada usaha air minum isi ulang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ebmsj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics, Business and Management Science Journal is a journal to manage Mahesa Research Center, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching, students, practitioners and ...