JURNAL PILAR
Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL PILAR, DESEMBER 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Saenab, Sitti (Unknown)
Muslimin, Abdul Azis (Unknown)
Abdullah, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian untuk menerapkan pembaharuan model pembelajaran ketika memberikan materi PAI saat proses belajar mengajar dikelas karena pendidik masih menggunakan model konvensional yang didominasi oleh metode ceramah, sehingga mengakibatkan keenggangan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran yang menimbulkan kejenuhan dan motivasi belajar peserta didik berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua pembelajaran PAI pada Model Problem Based Learning peserta didik dapat terlibat aktif dan model tersebut sebagai salah satu alternative yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu memotivasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI sebesar sebesar 45.6% peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dapat memberikan motivasi peserta didik untuk hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua.Kata Kunci: Problem Based Learning; Motivasi Belajar PAI

Copyrights © 2019