Journal of Elementary School (JOES)
Vol. 8 No. 2 (2025): Journal of Elementary School (JOES)

Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analisys (MEA) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau

Anugrah, Via (Unknown)
Supriyanto (Unknown)
Gawdy Prananosa, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran means ends analisys (MEA) secara signifikan mencapai kriteria ketercapain tujuan pembelajaran (KKTP). Metode penelitian yang digunakan adalah berbentuk eksprimen (pre-experimental design) dengan desain eksperimen yang digunakan berbentuk desain one group pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini menggunakan 1 kelas sampel yaitu kelas V.B dengan jumlah siswa 22 orang. Instrumen yang digunakan penulis berbentuk soal pilihan ganda berjumlah 13 soal. Pengumpulan data diambil menggunakan tes. Data analisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data dengan taraf signifikan  dan dk= n-1 menunjukan besar = 4,44 dan = 1,72. Karena  , yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan, rata-rata hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuklinggau setelah diterapkan model pembelajaran means ends analisys (MEA) secara signifikan mencapai kriteria ketercapain tujuan pembelajaran (KKTP). Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Model pembelajaran MEA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Elementary School (JOES) published by Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development of teaching practice, ...