Journal of Elementary School (JOES)
Vol. 8 No. 2 (2025): Journal of Elementary School (JOES)

Program Intervensi Dini dalam Melatih Bina Diri Anak Disabilitas Intelektual Ringan

Rahmatullah (Unknown)
Kismawiyati, Renalatama (Unknown)
Novia Megaswarie, Rosika (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program intervensi dini dalam melatih keterampilan bina diri pada anak disabilitas intelektual ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan satu subjek berusia enam tahun yang menunjukkan tiga keterbatasan bina diri, yaitu makan, mandi, dan memakai baju secara mandiri. Intervensi dilakukan selama empat minggu dengan lima kali pertemuan dalam setiap minggunya. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan keterampilan bina diri anak. Perkembangan ini ditandai dengan anak menjadi lebih mandiri dan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas sendiri. Kolaborasi dengan orang tua sangat penting untuk keberhasilan program. Simpulan, penelitian ini menegaskan bahwa intervensi dini sangat penting untuk membantu anak dengan disabilitas intelektual ringan menjadi lebih mandiri.   Kata Kunci: Bina Diri, Disabilitas Intelektual Ringan, Intervensi Dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JOES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Elementary School (JOES) published by Institut Penelitian Matematika, Komputer, Keperawatan, Pendidikan dan Ekonomi (IPM2KPE) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development of teaching practice, ...