Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Vol. 2 No. 3 (2025): Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Scarcity Promotion dan Streamer Attractiveness terhadap Impulsive Buying Pengguna Tiktok Live Generasi Z di Kota Bandung

Gustiar, Fitri (Unknown)
Nuryani, Yusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2025

Abstract

Fenomena belanja online yang terus meningkat di Indonesia, salah satunya terjadi melalui fitur TikTok Live yang banyak dimanfaatkan oleh Generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh scarcity promotion dan streamer attractiveness terhadap impulsive buying pengguna TikTok Live Generasi Z di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan, scarcity promotion dan streamer attractiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Nilai R Square sebesar 0,467 menunjukkan bahwa kedua variabel menjelaskan 46,7% variasi impulsive buying. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pelaku bisnis digital dalam merancang strategi promosi yang lebih efektif melalui pemanfaatan aspek scarcity promotion dan pemilihan streamer yang menarik, guna mendorong perilaku impulsive buying dan meningkatkan penjualan selama siaran langsung di TikTok Live.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis merupakan jurnal yang membahas secara detail berbagai penelitian empiris pada topik ekonomi, bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan ...