Persaingan antar lembaga pendidikan semakin meningkat, mengakibatkan banyak lembaga pendidikan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan adalah manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan memperoleh data dari observasi dan wawancara di Madrasah Mu'allimin Mu'allimat Tambak Beras Jombang. Setelah itu, data direduksi, dianalisis dan ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ditemukan, bahwa manajemen berbasis sekolah di madrasah yang dapat dimplementasikan secara terintegrasi dengan baik. Hal ini dapat diafirmasi dari karakteristik kelembagaan yang menunjukkan ciri khas atau keunikan disbanding dengan Lembaga Pendidikan Islam competitor yang lain. Madrasan ini terlihat mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Melalui pendekatan manajemen berbasis sekolah, madrasah ini paling dominan dalam pengembangan kurikulum dan penerimaan peserta didik baru yang signifikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024