Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep Kurikulum Merdeka dalam perspektif hadis dan mengevaluasi relevansinya terhadap pendidikan Islam. Kurikulum Merdeka, sebagai inisiatif baru dalam sistem pendidikan Indonesia, menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan menggunakan metode pengumpulan data study kepustakaan dalam menggali serta menganalisis hadi-hadis yang berkaitan dengan profil pelajar Pancasila.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji hadis-hadis yang berhubungan dengan prinsip-prinsip Pendidikan yang berkaitan dengan profil pelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak prinsip dalam Kurikulum Merdeka memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam hadis dalam konteks Pendidikan Islam. Konsep Kebhinekaan global, gotong royong, mandiri adalah salah satu bentuk nilai ukhuwah yang memiliki makna penting dalam ajaran Islam.
Copyrights © 2024