Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 8 No 2 (2024): Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

sebuah Manajemen Konflik Oleh Pengasuh Pada Santri Di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Rejoso Pasuruan (Studi Kasus: Rejoso, Pasuruan): Manajemen Konflik Oleh Pengasuh Pada Santri Di Pondok Pesantren Metal Muslim Al-Hidayah Rejoso Pasuruan (Studi Kasus: Rejoso, Pasuruan)

Sriati (Unknown)
Warsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen konflik yang diterapkan di Pondok Pesantren Metal Al-Hidayah Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Menggunakan desain kualitatif dengan metode eksploratif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara. Teknik analisis data mencakup pengumpulan, reduksi, tampilan, dan penarikan kesimpulan. Informan dipilih secara purposive sampling, berjumlah lima orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh pesantren menerapkan berbagai strategi manajemen konflik akibat beragam latar belakang santri, seperti memberikan pendampingan kakak asuh sesuai usia, pendidikan melalui program mengaji, khataman Al-Quran, mendirikan sekolah formal, dan pelatihan di bidang perkebunan serta peternakan. Pendekatan ini berhasil membangun citra pesantren sebagai tempat bagi santri bermasalah yang mampu memberikan pendidikan dan perubahan positif, serta menciptakan lingkungan sosial yang nyaman bagi masyarakat sekitar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kuttab

Publisher

Subject

Education Other

Description

ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran ...