Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 8 No 2 (2024): Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Keaktifan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Agama Islam

Mutiara Umi Nauli (Unknown)
Masitah, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak model pembelajaran berbasis permainan (Game Based Learning) terhadap keaktifan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kelas IX dalam pembelajaran Agama Islam di SMP Swasa Istiqlal Delitua. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuanitatif eksperimen yang dilakukan dengan melibatkan dua kelompok siswa yang masing-masing terdiri dari 25 orang: satu kelompok eksperimen yang menerapkan model GBL dan satu kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 23 untuk Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen (79,36) dibandingkan dengan kelompok kontrol (69,28). Temuan ini mengkonfirmasi bahwa penerapan model GBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini mendukung penggunaan metode pembelajaran berbasis permainan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan keaktifan berpikir ktiris siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kuttab

Publisher

Subject

Education Other

Description

ruang lingkup kajian yang bisa diterima dalam jurnal ini yaitu hasil dari riset baik secara konseptual maupun empiris yang meliputi antara lain: kurikulum pendidikan Islam, kepsesantrenan, madrasah diniyah dan pendidikan non formal lainnya, media dan metode pembelajaran pendidikan Islam, pemikiran ...