Journal of Global Research Education
Vol. 3 No. 1 (2025)

Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SDN 28/II Tanah Periuk

Gunawan, Hendri (Unknown)
Agrita, Tri Wera (Unknown)
Hidayat, Puput Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik, sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik, dan masih kurangnya kompetensi pendidik yaitu kompetensi profesional dimana pendidik tidak mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar di SDN 28/II Tanah Periuk. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif. Lokasi penelitian yang dilakukan yaitu di SDN 28/II Tanah Periuk. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan menggunakan data dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini hasilnya menunjukkan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap hasil belajar pada (P = 0,210 >0,05). Hasil uji normalitas dan linearitas menunjukkan bahwadata terdistribusi normal dan memiliki hubungan linear. Analisis pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan tetapi lemah antara kedua variabel (R = 0,233, P<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meskipun terdapat korelasi yang nyata, kompetensi profesional guru tidak menjadi faktor utama yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgre

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

The Journal of Global Research Education publishes research papers in the field of Education. Papers published in JGRE address themes of major interest to researchers, practitioners, and policy makers working in different international contexts. Work must be of a quality and context that the ...