Pembelajaran sastra memiliki peran bagi pemupukan kecerdasan siswa dalam semua aspek, termasuk moral. Bahasa sangat erat sekali hubungannya dengan sastra. Cerpen (cerita pendek) merupakan salah satu genre sastra. Oleh karena itu, kajian tentang cerita pendek sangat penting dan diperlukan untuk menunjang pembelajaran sastra di sekolah.Penelitian ini menggunakan metode metode kualitatif. Data yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu berupa kutipan kalimat, kata-kata, deskripsi rangkaian peristiwa pengarang tentang struktur dan kebahasaan kumpulan cerpen Macan. Objek yang digunakan dalam penelitian ini berupa struktur dan kebahasaan yang terdapat di dalam kumpulan cerpen “Macan” pilihan Kompas tahun 2020. Berdasarkan hasil analisis struktur dan kebahasaan teks cerpen terdapat 2 cerpen yang tidak memiliki struktur dan kaidah kebahasaan yang lengkap. Rata-rata hasil validasi terhadap modul pembelajaran teks cerpen di SMA sebesar 89,5% yang dikategorikan sangat valid. Dengan demikian, modul teks cerita pendek untuk siswa kelas XI SMA/SMK dan MA dapat digunakan dalam pembelajaran teks cerita pendek.
Copyrights © 2023