Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION)
Vol 7 No 2 (2025): Vol. 7 No. 2 Juli 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sagala, Isti Romadhani (Unknown)
Nasution, Sari Wahyuni Rozi (Unknown)
Nasution, Febri Hastini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan two group pretest-posttest design. Populasi peneliti adalah seluruh kelas XI SMA Negeri Padangsidimpuan yang berjumlah 277 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan XI-7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,24 kategori “sangat kurang baik” dan rata-rata posttest sebesar 86,67 kategori “sangat baik”. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 35,81 kategori “sangat kurang baik” dan rata-rata posttest sebesar 77,10 kategori “baik”; (2) Hasil nilai presentase observasi sebesar 88,67% kategori “sangat baik”; (3) Hasil nilai rata-rata angket respon siswa 74,92% kategori “baik”; (4) Uji independen menunjukkan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi fluida statis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SENAR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Physics Other

Description

Jurnal PhysEdu (PHYSICS EDUCATION) adalah wahana komunikasi dan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian terkini dari mahasiswa, dosen, guru, serta masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap perkembangan penelitian Pendidikan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh Pendidikan Fisika, Fakultas ...