Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan belajar siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan iringan musik. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, kemudian jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Subjek penelitian siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cirebon pada semester gasal tahun pelajaran 2021 - 2022 sejumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan selama empat bulan yaitu dari bulan September sampai Desember 2021. Hasil analisis deskriptif komparatif menunjukkan bahwa kenyamanan belajar siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal dari siklus I dan siklus II meningkat. Hal ini ditampilkan pada angket yang dijawab oleh siswa. Dari hasil pengisian angket kenyamanan belajar menunjukkan skor siklus I yaitu 22,12 % dan skor siklus II yaitu 78,3 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah iringan musik dapat meningkatkan kenyamanan belajar siswa mengikuti layanan bimbingan klasikal pada siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cirebon semester gasal tahun pelajaran 2021 - 2022.
Copyrights © 2022