Pembelajaran abad 21 mengalami kemajuan pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang mendorong perubahan paradigma dalam proses belajar. Tidak hanya guru yang mengontrol penuh, tetapi keterlibatan aktif pelajar menjadi kunci utama. Salah satu model pembelajaran yang muncul adalah Flipped Classroom Learning (FCL), yang berfokus pada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model FCL dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) semester II di STAI Madiun, khususnya pada mata kuliah Fikih 1. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 66 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok, eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes pretes dan postes, serta dianalisis menggunakan uji t independen dengan SPSS IBM 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model FCL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Berdasarkan review ahli, sintaks FCL mendapat nilai rasionalitas 3,39, yang menunjukkan kebaruan model ini. (2) Uji Mann Whitney menunjukkan signifikansi 0,022, dan uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan. (3) Model FCL dapat diterapkan dalam mata kuliah dengan karakteristik serupa untuk meningkatkan pemahaman konsep lebih luas, termasuk di berbagai disiplin ilmu
Copyrights © 2024