Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap keterlibatan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di SMAS Ummul Mukminin Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah 96 peserta didik, dengan sampel 40 peserta didik yang dipilih menggunakan non-probability sampling. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman observasi, angket, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall dan keterlibatan peserta didik berada dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media wordwall terhadap keterlibatan peserta didik sebesar 60,5%. Implikasi dari temuan ini adalah media wordwall berkontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan kurikulum berbasis teknologi dan pelatihan guru.
Copyrights © 2024