TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan
Vol 8 No 2 (2024): Oktober

PERAN MEDIA DIGITAL WORDWALL TERHADAP KETERLIBATAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH

Muis, Nur Rifdah (Unknown)
Irma, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap keterlibatan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di SMAS Ummul Mukminin Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah 96 peserta didik, dengan sampel 40 peserta didik yang dipilih menggunakan non-probability sampling. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman observasi, angket, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall dan keterlibatan peserta didik berada dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media wordwall terhadap keterlibatan peserta didik sebesar 60,5%. Implikasi dari temuan ini adalah media wordwall berkontribusi positif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan kurikulum berbasis teknologi dan pelatihan guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tajdid

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

TAJDID merupakan jurnal pemikiran keislaman dan kemanusiaan. Frekuensi penerbitan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober oleh LP2M IAI Muhammadiyah Bima. TAJDID akan menyajikan ide-ide yang up to date disertai dengan solusi-solusi yang relevan seputar pemikiran ...