Jaminan kesehatan sebagai jaminan berupa perlindungan kesehat an agar peserta memperoleh manfaatpemeliharaan kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayaroleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem Klaim dalam Badan PenyelenggaraJaminan Sosial (BPJS) di RSUD Bahteramas Prov. Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Informan dalam peneltian initerdiri atas 2 yaitu informan kunci serta informan biasa sebanyak 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwaData pasien dikumpulkan kemudian diinput di aplikasi INA CBG’s hingga entry klaim dilakukan yang menghasilkankeluaran klaim berupa file TXT setelah itu dikirim ke BPJS Kesehatan. Setelah berkas diverifikasi, diteliti kesesuaianberkas klaim. Pada verifikasi lanjutan bertujuan untuk menghindari terjadinya eror verifikasi dan potensi doubleklaim. Apabila terjadi ketidaksesuaian data maka berkas dikembalikan ke pihak Rumah Sakit untuk di lengkapi.Data tagihan rumah sakit ke BPJS dibutuhkan untuk diverifikasi dengan data yang ada di BPJS. Tetapi, nilai yangdibayarkan harus sesuai dengan kwitansi klaim yang telah diverifikasi oleh pihak BPJS. Dana yang diklaimkanrumah sakit tidak sesuai dengan berkas yang diajukan sehingga membuat kerugian pada pihak rumah sakit.Diharapkan Penulisan resume medis terutama dokter yang menulis resume untuk diperbaiki dalam halmemudahkan pengelolaan klaimKata Kunci: Case mix, Berkas Klaim, Verifikator BPJS, INA CBG’s, Pembayaran
Copyrights © 2017