An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 5: September 2025

SEJARAH PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MADRASAH ALIYAH DI INDONESIA

Leni Purnama Sari (Unknown)
Desi Desriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Madrasah merupakan bagian dari pondok pesantren untuk menjawab berbagai polemik di masyarakat, khususnya dalam pengembangan pendidikan Islam, sehingga pondok pesantren mampu memadukan antara mata pelajaran ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mencari tahu tentang Asal Usul dan Ciri-Ciri Madrasah.Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripsi kualitatif teknik pengumpulan data yang penulis gunaka adalah melalui observasi wawancara dan studi dokumentasi Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis yang penulis gunakan menurut Miles dan Huberman. Madrasah merupakan perkembangan alami dari masjid yang pada masa-masa awal pemerintahan khilafah Bani Abbasiyah (132 – 656 H/750 – 1258 M) menjadi pusat pengembangan pendidikan Islam. bahwa madrasah yang pertama kali muncul di dunia Islam dan dalam sejarah pendidikan Islam adalah madrasah nizamiyah yang didirikan oleh Nizam Al-Mulk, seorang Perdana Menteri (wazir) Dinasti Saljuk pada masa pemerintahan Alp Arselon dan Sultan Malik Syah. Dominannya madrasah mengajarkan bidang studi fikih, George Makdisi (1981 M) memberi nama madrasah Nizamiyah sebagai college of law. Strategi dan Prospek Pengembangan Madrasah dalam Dunia Islam, harus mampu mempertinggi kecerdasan dan kemampuan anak didik, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi beserta manfaat dan aplikasinya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...