Penelitian ini membahas efektivitas konseling berbasis pendidikan agama islam dalam mengatasi masalah social peserta didik di SMP Negeri 1 Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Fokus permasalahan penelitian mencakup: (1) efektivitas konseling berbasis pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Kabila Bone, (2) efektivitas konseling tersebut dalam mengatasi masalah social peserta didik, serta (3) kendala yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui sejauh mana konseling berbasis pendidikan agama islam dapat membantu peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah social yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Subjek penelitian terdiri atas guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran pendidikan agama islam, serta peserta didik yang mengalami masalah social. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling islam yang dilaksanakan berdampak positif terhadap peserta didik dalam mengatasi masalah social seperti bolos pelajaran, ketidakhadiran tanpa keterangan, dan perkelahian,. Proses konseling dilakukan dengan pendekatan religius melalui pembacaan doa, penanaman nilai tawadhu, kesabaran, serta motivasi keagamaan. Melalui konseling ini, peserta didik mampu mengelola emosi, memperbaiki hubungan social, serta meningkatkan kemampuan adaptasi dan pengendalian diri. Dengan demikian, konseling berbasis pendidikan agama islam efektif sebagai sarana penanganan masalah social peserta didik di SMP Negeri 1 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Copyrights © 2025