Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika
Vol. 12 No. 2: December 2024

Pengembangan e-Book Interaktif Fisika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri

Pardede, Hebron (Unknown)
Sitorus, Parlindungan (Unknown)
Sinaga, Goldberd Harmuda Duva (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Pengintegrasian kearifan lokal dalam pembelajaran fisika merupakan upaya strategis untuk meningkatkan pemahaman konsep sekaligus memperkuat keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan e-book interaktif fisika berbasis kearifan lokal dengan pendekatan pembelajaran inkuiri. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Instrumen penelitian mencakup angket validasi ahli, tanggapan guru dan siswa, serta tes objektif untuk menilai pemahaman konsep fisika. Hasil validasi menunjukkan media ajar memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi dari segi konstruk media (86%) dan kesesuaian isi materi (88%). Respon guru dan siswa juga sangat positif dengan capaian masing-masing 86%. Implementasi media ajar pada pembelajaran fisika materi fluida dinamis menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep siswa, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 66 meningkat menjadi 94 pada posttest, serta ketuntasan klasikal mencapai 97,2%. E-book interaktif yang dikembangkan layak digunakan, efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika. Media ini dapat mendukung pembelajaran yang bermakna melalui integrasi konteks budaya lokal dan pendekatan inkuiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Lensa

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Environmental Science Physics

Description

Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika (J-LKF) published by the Physics Education Study Program UNDIKMA. J-LKF publishes every 6 months including the study of science and education in the field of physics specifically and natural and applied sciences in ...