Perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang pesat memberikan manfaat yang signifikan di dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, AI berperan dalam membantu peserta didik memahami materi dengan lebih baik melalui pemberian informasi yang lebih jelas, rinci, dan mudah dipahami. Meskipun teknologi AI telah digunakan dalam proses pembelajaran, tingkat efektivitasnya masih perlu dievaluasi. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan munculnya informasi yang kurang tepat atau tidak relevan, yang dapat menimbulkan kesalahpahaman maupun peyebaran informasi yang menyesatkan bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi serta menganalisis tingkat kegunaan Gemini AI di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura sebagai alat bantu dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Usability Scale dengan pendekatan deskriptif guna mengukur sejauh mana tingkat kegunaan Gemini AI. Dari hasil penelitian, diperoleh skor rata-rata sebesar 58,301. Berdasarkan hasil ini, Gemini AI memiliki Percentile Range 31% atau berada dalam kisaran 15-34, yang dikategorikan sebagai Marginal Acceptable. Grade Scale D, termasuk dalam kategori Ok berdasarkan Adjective Rating, serta tergolong sebagai Detractor dalam Net Promoter Score.
Copyrights © 2025