Kelengkapan berkas dokumen menjadi bagian penting dalam proses klaim. Apabila pihak rumah sakitdapat memenuhi kelengkapan dokumen, maka kemungkinan semakin cepat proses penggantian biaya pelayanankesehatan yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Proses PengelolaanKlaim Pada Pasien BPJS Unit Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr.R.Ismoyo Kota Kendari Tahun 2017. Jenis penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Teknikpenentuan informan dengan prosedur purposive sampling dan prosedur kuota. Informan dalam peneltian initerdiri atas 2 yaitu informan kunci yaitu kepala rekam medis serta informan biasa yaitu Dokter, Petugas rekammedis, Verifikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verifikasi berkas klaim dimulai dari verifikasi administrasikesehatan, verifikasi administrasi pelayanan, verifikasi pelayanan, dan verifikasi menggunakan software verifikasi.Verifikasi administrasi berupa verifikasi berkas klaim. Berkas klaim yang di verifikasi meliputi Surat EligibilitasPeserta (SEP) dan bukti pelayanan yang mencantumkan diagnosa dan prosedur serta tandatangan dokterpenanggung jawab pasien. Setelah berkas diverifikasi, diteliti kesesuaian berkas klaim antara surat eligibilitaspeserta dengan data yang diinput kedalam aplikasi INA CBGs. Apabila terjadi ketidaksesuaian data maka berkasdikembalikan ke pihak RS untuk di lengkapi. Berkas klaim dalam pengklaiman BPJS diharapkan agar bisa dilengkapioleh pihak peserta agar dalam verifikasi berkas klaim yang diajukan bisadiverfikasi langsung dan di entry lebihcepat di program INA CBG’s agar dalam verifikasi administrasi bisa lebih cepatKata Kunci: Pengelolaan klaim, Rumah sakit, berkas klaim, SDM, INA CBG’s
Copyrights © 2017