Pemberian umpan balik yang efektif merupakan komponen penting dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama dalam kerangka pendekatan Outcome Based Education (OBE). Artikel ini mengkaji secara konseptual Teknik pemberian umpan balik formatif dan sumatif berbasis OBE sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas evaluasi dan pencapaian capaian pembelajaran (CP) pada mata Pelajaran PAI. Umpan balik formatif diposisikan sebagai sarana perbaikan berkelanjutan melalui refkesi, dialog, dan penguatan nilai-nilai keislaman selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, umpan balik sumatif berperan dalam dokumentasi capaian akhir yang dilengkapi dengan tindak lanjut berupa program pengayaan bagi peserta didik yang unggul dan remedi bagi yang belum mencapai standar. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi Teknik umpan balik berbasis OBE menuntut keterpaduan antara asesmen yang autentik, penggunaan rubrik capaian, serta integrasi nilai-nilai spiritual dan pedagogis dalam proses evaluasi. Artikel ini menekankan pentingnya reposisi peran guru sebagai fasilitator evaluasi yang adaptif, relfektif, dan responsive terhadap kebutuhan belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran PAI berbasis capaian.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025