Studi ini mengeksplorasi faktor yang memengaruhi kinerja pegawai terhadap pelayanan administrasi Mahasiswa pada Biro Akademik dan Keuangan Universitas Sawerigading Makassar. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis data yang dikumpulkan dari wawancara dan dokumentasi untuk mengevaluasi faktor-faktor individual, psikologis dan organisasi yang memengaruhi efektivitas pegawai. Dalam temuan menunjukkan bahwa meskipun beberapa aspek kinerja pegawai memadai, permasalahan sistemik seperti motivasi yang terbatas, kesenjangan keterampilan dan sistem penghargaan kurang diterapkan berkontribusi terhadap ketidakpuasan mahasiswa. Studi ini merekomendasikan intervensi yang terarah oleh Pimpinan Universitas untuk mengatasi permasalahan ini dan dapat meningkatkan pemberian layanan. This study explores the factors influencing employee performance in student administrative services at the Academic and Finance Bureau of Sawerigading University, Makassar. Using a qualitative approach, this study analyzed data collected from interviews and documentation to evaluate individual, psychological, and organizational factors that influence employee effectiveness. The findings indicate that while some aspects of employee performance are adequate, systemic issues such as limited motivation, skills gaps, and poorly implemented reward systems contribute to student dissatisfaction. This study recommends targeted interventions by university leadership to address these issues and improve service delivery.
Copyrights © 2025