Jurnal Ilmiah Ecosystem
Vol. 25 No. 2 (2025): Ecosystem Vol. 25 No 2, Mei - Agustus Tahun 2025

Respon Guru Dan Siswa Terhadap Implementasi Aplikasi Pembelajaran Offline Pada Materi Kegiatan Ekonomi Berbantuan Artificial Intelligence

Rahmadhanningsih, Sri (Unknown)
A’laily, Nurlia Anna (Unknown)
Swandi, Ahmad (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap implementasi aplikasi pembelajaran offline berbasis kecerdasan buatan (AI) pada materi Kegiatan Ekonomi di SMP Negeri 13 Pontianak. Latar belakang penelitian berangkat dari keterbatasan infrastruktur internet yang masih menjadi kendala dalam pemerataan pendidikan digital, sehingga dibutuhkan solusi alternatif berupa aplikasi luring yang praktis dan adaptif. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus yang melibatkan seorang guru IPS dan 34 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi hasil kerja siswa berupa LKPD digital dan kuis pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi offline berbasis AI mendapat respon positif dari guru maupun siswa. Guru menilai aplikasi ini efisien, mudah diakses melalui peramban tanpa instalasi, serta bermanfaat sebagai alternatif buku paket dan LKS, termasuk dalam mempermudah dokumentasi hasil belajar melalui format PDF. Siswa merasa lebih fokus dan antusias karena aplikasi dijalankan dalam mode offline, dilengkapi simulasi sederhana, serta mendukung diskusi kelompok melalui LKPD digital. Kendati demikian, ditemukan kendala berupa sebagian siswa yang belum konsisten mematuhi instruksi penggunaan mode pesawat, yang mencerminkan perlunya peran guru dalam memberikan scaffolding untuk menanamkan disiplin digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran offline berbasis AI berpotensi menjadi inovasi penting dalam mendukung pemerataan pendidikan, meskipun masih diperlukan pengembangan lanjutan dan uji implementasi yang lebih luas. This study aims to describe teacher and student responses to the implementation of an offline learning application assisted by artificial intelligence (AI) in the topic of Economic Activities at SMP Negeri 13 Pontianak. The research background is based on the limited internet infrastructure that remains a barrier to equitable digital education, thus requiring an alternative solution in the form of a practical and adaptive offline application. A qualitative descriptive case study was employed, involving one Social Studies teacher and 34 seventh-grade students. Data were collected through classroom observations, teacher and student interviews, as well as documentation of student work using digital worksheets (LKPD) and pretest–posttest quizzes. The findings indicate that the offline AI-based application received positive responses from both teacher and students. The teacher considered the application efficient, accessible through a browser without installation, and useful as an alternative to textbooks and printed worksheets, while also facilitating systematic documentation of learning outcomes in PDF format. Students reported feeling more focused and enthusiastic, as the application operated in offline mode, included simple simulations to aid understanding, and supported interactive group discussions through digital worksheets. However, a challenge was found in the inconsistency of some students in following the offline instructions, highlighting the need for teacher scaffolding to instill digital discipline. This study concludes that AI-assisted offline learning applications have significant potential to support equitable education, although further development and broader implementation are required.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eco

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ecosystem merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara peer review memiliki ISSN 1411-3597 (print) dan ISSN 2527-7286 (online) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bosowa Jurnal Ilmiah Ecosystem menerbitkan artikel yang pada bidang ekonomi, ...