Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 9 No 3 (2025): September 2025

Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Sebagai Sumber Belajar Mitigasi Bencana Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa

Vibonansi, Zahra Syalindri (Unknown)
Banowati, Eva (Unknown)
Findayani, Aprillia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penggunaan artificial intelligence di kalangan siswa menjadi fenomena yang sering dijumpai akibat dari berkembangnya teknologi dan kebiasaan penggunaan gadget. Sementara itu, minat dan motivasi belajar menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh antara penggunaan artificial intelligence sebagai sumber belajar pada materi mitigasi bencana terhadap minat belajar dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendakatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana di mana data didapatkan dari kuesioner dan angket yang disebar ke 136 siswa kelas XI SMAN 2 Ungaran yang mendapat mata pelajaran geografi. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikasi untuk penggunaan artificial intelligence terhadap minat belajar adalah 0,428 dan nilai signifikasi untuk penggunaan artificial intelligence terhadap motivasi belajar adalah 0,836 yang mana kedua nilai tersebut lebih dari 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh antara penggunaan artificial intelligence sebagai sumber belajar pada materi mitigasi bencana terhadap minat belajar dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...