Penggunaan artificial intelligence di kalangan siswa menjadi fenomena yang sering dijumpai akibat dari berkembangnya teknologi dan kebiasaan penggunaan gadget. Sementara itu, minat dan motivasi belajar menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh antara penggunaan artificial intelligence sebagai sumber belajar pada materi mitigasi bencana terhadap minat belajar dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendakatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana di mana data didapatkan dari kuesioner dan angket yang disebar ke 136 siswa kelas XI SMAN 2 Ungaran yang mendapat mata pelajaran geografi. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikasi untuk penggunaan artificial intelligence terhadap minat belajar adalah 0,428 dan nilai signifikasi untuk penggunaan artificial intelligence terhadap motivasi belajar adalah 0,836 yang mana kedua nilai tersebut lebih dari 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh antara penggunaan artificial intelligence sebagai sumber belajar pada materi mitigasi bencana terhadap minat belajar dan motivasi belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025