Kurangnya penerapan nilai-nilai disiplin di kalangan siswa sekolah dasar menjadi permasalahan yang dapat berdampak negatif terhadap proses pembelajaran, interaksi sosial, serta prestasi akademik. Perilaku tidak disiplin dapat menghambat perkembangan karakter siswa, sehingga diperlukan upaya efektif untuk menanamkan sikap disiplin sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest pada 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SD Negeri Bangkir, Sumedang. Data dikumpulkan melalui angket dan diuji menggunakan uji normalitas, paired sample t-test, serta uji R-square dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam karakter disiplin siswa setelah mengikuti kegiatan pencak silat. Rata-rata skor disiplin meningkat dari 55,17 (pretest) menjadi 73,07 (posttest), dengan nilai signifikansi yang menunjukkan bahwa peningkatan ini tidak terjadi secara kebetulan. Temuan ini menegaskan bahwa pencak silat tidak hanya berkontribusi terhadap kebugaran fisik, tetapi juga efektif dalam membentuk karakter disiplin siswa.
Copyrights © 2025