Arus globalisasi membawa berbagai perubahan dalam pola pikir dan perilaku siswa sekolah dasar menyebabkan kurangnya kepatuhan terhadap aturan, rendahnya kesadaran akan tanggung jawab, serta meningkatnya perilaku kurang disiplin selama pembelajaran. Akibatnya, proses pembelajaran pendidikan jasmani menjadi kurang efektif, tujuan pembelajaran sulit tercapai, dan suasana belajar menjadi kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran teaching personal and social responsibility terhadap disiplin siswa siswa sekolah dasar dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre eksperiment dengan desain one grup pretest-posttes design. Sampel penelitian ini adalah siswa SD kelas V yang berjumlah 30 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest berupa angket kedisiplinan. Selanjutnya analisis data dilakukan secara analisis deskriptif inferensial dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada tingkat kedisiplinan siswa setelah diterapkan model pembelajaran TPSR, melihat rata-rata skor disiplin meningkat dari 58,70 (pretest) menjadi 74,13 (posttest) yang menunjukan bahwa peningkatan ini tidak terjadi secara kebetulan. Temuan ini menjelaskan bahwa model pembelajaran TPSR tidak hanya berkontribusi terhadap sikap tanggung jawab siswa, tetapi juga efektif dalam membentuk sikap disiplin siswa dalam pembelajaran penjas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025