Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
Vol. 13 No. 1 (2025): April

Problem-Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Lari Jarak Pendek Pada Siswa SD Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Siswa

Fransisco, Daniel (Unknown)
Akbar, Aji (Unknown)
Eriani, Efrida (Unknown)
Manalu, Nimrot (Unknown)
Supriadi, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Karakteristik siswa yang berbeda-beda seperti tingkat kecerdasan menjadi salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan seorang guru dalam memilihan model pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PJOK tingkat SD ditinjau berdasarkan tingkat kecerdasan siswa. Penelitian ini menggunakan model kuasi-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Uji yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test dan Uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan kelompok IQ Tinggi mengalami peningkatan signifikan di semua aspek setelah penerapan model PBL, dengan p-value jauh di bawah 0.05. sedangkan kelompok IQ Rendah tidak mengalami peningkatan signifikan dalam aspek Afektif dan Kognitif, yang terlihat dari p-value > 0.05 kecuali aspek Psikomotor yang mengalami peningkatan signifikan, meskipun peningkatannya tidak sebesar pada kelompok IQ Tinggi. Selain itu, terdapat perbedaan signifikan antara IQ Tinggi dan IQ Rendah dalam semua aspek, baik sebelum maupun sesudah penerapan PBL (p-value kurang 0.05). Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa PBL lebih efektif bagi siswa dengan kapasitas berpikir analitis yang lebih baik, tetapi kurang optimal bagi siswa dengan keterbatasan kognitif. Implikasi penelitian ini yaitu pendekatan diferensiasi dalam penerapan PBL, misalnya dengan menggunakan scaffolding, instruksi yang lebih terstruktur, atau kombinasi dengan model pembelajaran lain yang lebih sesuai dengan karakteristik siswa SD.

Copyrights © 2025