Topik penelitian ini mengkaji peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara mendalam bagaimana kepala sekolah menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran, manajer, supervisor akademik, inovator, motivator, dan administrator guna menciptakan lingkungan sekolah yang profesional dan kondusif. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran kepala sekolah secara terpadu mampu meningkatkan kualitas kinerja guru, mengoptimalkan proses pembelajaran peserta didik, serta membentuk budaya sekolah yang positif dan progresif. Manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi referensi praktis dan teoretis bagi para kepala sekolah, pendidik, dan pengambil kebijakan dalam mengembangkan kepemimpinan sekolah yang efektif dan berdampak nyata terhadap peningkatan mutu pendidikan.
Copyrights © 2025